Siswa dan Kepala Sekolah Wujudkan Kebersihan Bersama










Upaya untuk mewujudkan kebersihan lingkungan pendidikan diperlihatkan para siswa SMP Negeri 2 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Siswa menyebar ke beberapa titik untuk membersihkan gedung sekolah dan lingkungan. Tidak hanya siswa, kepala sekolah dan guru pun turut andil membersihkan lingkungan.

Ketua OSIS membagi beberapa area yang dibersihkan para siswa. SMP Negeri 2 Purwantoro ini merupakan sekolah lama yang memiliki banyak kelas. Sehingga, setiap area cukup dibersihkan 4-5 orang saja.

“Kelas VII bertugas membersihkan lingkungan sekolah. Sedangkan kelas VIII bertugas membersihkan masjid di dekat sekolah dan kelas IX membersihkan halaman depan sekolah,” ujar salah satu siswa kelasI X.

Bukan hanya siswa/siswi, kepala sekolah dan beberapa guru juga ikut membersihkan dan mengarahkan siswa. Di depan SMP Negeri 2 Purwantoro, terdapat sebuah masjid kecil sebagai tempat ibadah warga di sekitar sekolah. Termasuk guru, staf, karyawan serta siswa-siswi SMP Negeri 2 Purwantoro yang beragama muslim. Sehingga, masjid ini juga ikut dibersihkan.

Siswi lainnya kelas VIII menambahkan bahwa, mereka sangat antusias membersihkan lingkungan sekolah dan tempat ibadah di sekitar lingkungan sekolah. Sampah-sampah dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kantong plastik yang telah disediakan. Kemudian di kumpulkan di area belakang sekolah yang masih berupa kebun jati. Kegiatan kerja bakti bersih lingkungan ini dilakukan sekitar 1,5 jam.

Sebelum bersih-bersih di lingkungan sekolah dan tempat ibadah, acara diisi dengan kegiatan senam bersama yang diikuti seluruh warga sekolah. Siswa/siswi juga sudah dihimbau saat apel sehari sebelumnya, bahwa akan dilakukan kerja bakti di lingkungan sekolah.

Para siswa kelas VII dihimbau untuk membawa sapu lidi. Sedangkan kelas VIII dihimbau untuk membawa kantong plastik. Kepala SMP Negeri 2 Purwantoro Taufik Rohman, S.Pd, M.Pd menjelaskan, kerja bakti tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan tempat ibadah di sekitar lingkungan sekolah.

“Kita bersihkan sekitar sekolah dan lakukan penataan, seperti menanam pohon, tanaman hias, dan sayuran,” jelasnya.

Bp Taufik Rohman menambahkan, selain membersihkan lingkungan sekolah, siswa juga membersihkan masjid di dekat sekolah. Itu karena warga sekolah juga ikut menggunakan masjid tersebut sebagai tempat ibadah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP ADIWIYATA

MARKET DAY SMP NEGERI 2 PURWANTORO

Inovasi Budidaya Jamur Merang dengan Media Sampah Organik