VISI MISI DAN TUJUAN
VISI, MISI DAN TUJUAN
SMP NEGERI 2 PURWANTORO
TAHUN PELAJARAN 2019-2020
1, VISI SEKOLAH
Menjadikan sekolah berprestasi, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, terampil, berbudaya dan berwawasan lingkungan
Indikator Visi :
- Terwujudnya lulusan yang berprestasi, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, trampil, berbudaya dan berwawasan lingkungan.
- Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif dan berwawasan lingkungan.
- Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien dan berwawasan lingkungan.
- Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi serta memiliki kesadaran untuk malaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing- masing.
- Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakir.
- Terwujudnya manajemen sekolah yang tangguh dan berwawasan lingkungan.
- Terwujudnya penggalangan biaya pendidikan yang memadai.
- Terwujudnya penilaian pendidikan yang otentik dan akuntabel dan berwawasan lingkungan.
- Terwujudnya budaya dan iklim sekolah yang sejuk dan berwawasan lingkungan.
2. MISI SEKOLAH
1. Standar Kompetensi Lulusan :
2. Standar Isi:
3. Standar Proses:
4. Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
- Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berprestasi, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, trampil, berbudaya dan berwawasan lingkungan. dan memiliki keunggulan kompetitif baik akademik maupun non akademik serta berwawasan lingkungan.
- Mewujudkan perangkat kurikulum 2013 yang lengkap mutakhir, dan berwawasan ke depan berwawasan lingkungan .
- Mewujudkan pembelajaran, bimbingan, dan motivasi, serta pemanfaatan sarana pendidikan yang tersedia sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki, melalui pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan berwawasan lingkungan.
- Mewujudkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian , profesional dan sosial, sehingga terwujud tenaga pendidik yang professional dan kompetitif.
- Mewujudkan prasarana dan sarana sekolah dan media pembelajaran yang memadai yang ramah lingkungan lingkungan.
- Mewujudkan MBS untuk mencapai standar pengelolaan.
- Mewujudkan penggalangan dan penyediaan pembiayaan sekolah yang memadai.
- Mewujudkan penilaian proses pembelajaran
1. Standar Kompetensi Lulusan :
- Mampu memenuhi peningkatan mutu akademik ditunjukkan meningkatnya perolehan rata-rata Ujian Nasional, rata-rata Ujian Sekolah, dan peningkatan rata-rata pencapaian KKM.
- Mampu memenuhi peningkatan mutu non akademik ditunjukkan dengan kejuaraan lomba olah raga di tingkat kabupaten.
- Mampu memenuhi terbentuknya pengamalan ajaran agama ditunjukkan dengan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
2. Standar Isi:
- Mampu memenuhi dokumen 1 KTSP.
- Mampu memenuhi dokumen 2 dan 3 KTSP ( Silabus dan RPP) untuk semua mata pelajaran.
3. Standar Proses:
- Mampu memenuhi proses pembelajaran dengan metode yang bervariasi.
- Mampu memenuhi kegiatan eksrta kurikuler untuk mengembangkan pesertadidik yang cerdas, trampil, bermoral , dan berbudaya.
- Mampu memenuhi pembelajaran remidial bagi siswa yang belum tuntas belajar.
- Mampu memenuhi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi, berkomitmen tinggi, dan berbudaya mutu.
- Mampu memenuhi tenaga kependidikan yang kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi.
- Mampu memenuhi peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan tuntutan jaman.
5. Standar Sarana dan Prasarana.
- Mampu memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang memadai.
- Mampu memenuhi pemanfaatan prasarana dan sarana sekolah dalam pembelajaran sesuai dengan standar Nasional Pendidikan
- Mampu memenuhi pemanfaatan perpustakaan, labolatorium IPA , Labolatorium bahasa, labolatorium TIK dan media pembelajaran yang tersedia, sehingga dapat mendukung pembelajaran berbasis scientifik.
6. Standar Pengelolaan.
- Mampu memenuhi penerapan manajemen partisipatif dalam pengambilan keputusan sebagai implementasi MBS untuk mencapai standar pengelolaan.
- Mampu memenuhi dokumen RKS dan RKAS yang akurat serta struktur organisasi yang lengkap.
- Mampu memenuhi administrasi sekolah yang lengkap.
7. Standar Pembiayaan.
- Mampu memenuhi penggalangan dana untuk pembiayaan sekolah.
- Mampu memenuhi pembiayan semua kegiatan sekolah yang direncanakan dalam RKAS.
- Mampu memenuhi pengembangan kemampuan komite sekolah dalam penggalian peran serta masyarakat dan orang tua siswa.
- Mampu memenuhi peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap tahun.
- Mampu memenuhi pelaksanaan penilaian dan laporan hasil belajar kepada orang tua siswa.
- Mampu memenuhi pelaksanaan supervisi, monitoring, dan evaluasi kegiatan baik akademik maupun non akademik.
9. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah.
- Mampu memenuhi budaya sekolah 4 S (senyum, sapa, salam, salaman).
- Mampu memenuhi penataan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, indah, nyaman, dan menawan.
10. Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah.
- Mampu memenuhi budaya sekolah 4 S (senyum, sapa, salam, salaman).
- Mampu memenuhi penataan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, indah, nyaman, dan menawan.
Komentar
Posting Komentar