Peningkatan Vocabulary dengan Media Wordwall di Era Pandemi Covid – 19
Meningkatkan Penguasaan Vocabulary dengan Media Wordwall di Era Pandemi Covid –
19.
Ditulis oleh :
Septaria Dwi Wardani, S.Pd ( Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Purwantoro)
Sudah
hampir satu tahun atau lebih tepatnya 9 bulan dunia menghadapi pandemi Covid-19. Hampir semua aspek
kehidupan terdampak dalam pandemi ini. Salah satunya adalah dunia pendidikan. Selama
pandemi Covid-19 melanda dari bulan Maret 2019 lalu sampai sekarang, para siswa
diharuskan belajar di rumah dengan metode daring.
Selama pembelajaran daring atau dikenal dengan istilah PJJ (pembelajaran Jarak Jauh)
guru dan peserta didik hanya bertemu lewat dunia maya. Beberapa media yang
digunakan antara lain Whatsapp, Zoom Cloud
Meeting, Google Meet, Microsoft teams dsb. Namun nampaknya banyak guru yang
memilih menggunakan media Whatsapp dengan
berbagai pertimbangan diantaranya kendala jaringan, gadget peserta didik yang
belum memadai, serta kendala ketersediaan kuota internet. Setelah berjalan
sekian bulan ternyata ada beberapa kendala yang muncul saat PJJ diantaranya
adalah kebosanan atau rasa jenuh yang muncul baik dari guru ataupun peserta
didik. Akibatnya motivasi untuk mengikuti PJJ berkurang atau bahkan hilang.
Penulis,
sebagai seorang guru Bahasa Inggris juga merasakan hal tersebut. Selain masalah
kebosanan atau rasa jenuh, masalah klasik yang dialami hampir semua guru bahasa
inggris yaitu rendahnya penguasaan kosakata ( vocabulary) peserta didik. Ketika
dalam pembelajaran normal (tatap muka) guru masih mengalami banyak kendala
dalam menyampaikan materi, begitupun peserta didik masih merasa kesulitan dalam
memahami Bahasa Inggris. Apalagi ketika materi Bahasa Inggris disampaikan lewat
daring dengan media Whatsapp yang
terbatas. Interaksi antara guru dan peserta didik dalam mendalami materi dirasa
kurang. Sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal.
Oleh
karena itu, guru harus jeli dan kreatif dalam memilih media pembelajaran interaktif
yang menarik tetapi tidak memberatkan peserta didik. Media yang dapat dipilih
salah satunya adalah Wordwall. Wordwall adalah aplikasi berbasis
website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis,
menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata,
mengelompokkan, dan sebagainya.
Untuk
meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris, media ini sangat cocok karena
menarik dan banyak tersedia template permainan yang dapat diakses secara
gratis. Guru juga dapat membuat konten sendiri sebagai tugas. Selain itu guru
bisa mengunduh dan mencetak media yang telah dibuat.
Salah
satu permainan yang dapatdigunakan pada aplikasi ini adalah Wordsearch. Wordsearch merupakan permainan mencari kata- kata tertentu yang ada
di dalam kotak. Kata- kata ini bisa tertulis secara mendatar, menurun, atau
diagonal. Guru bisa meminta peserta didik untuk mencari kata- kata yang
tersembunyi dalam kotak yang disesuaikan dengan tema tertentu. Contoh permainan
yang lain adalah Match Up. Penulis telah
membuat contoh permainan ini dengan tema “Adjectives.” Untuk melihatnya silakan
klik link berikut https://wordwall.net/resource/13457929.
Lalu
bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini? Berikut langkah- langkahnya:
1. Mendaftarkan akun di https://wordwall.net/.
Klik Sign Up lalu isikan nama, alamat
email, kata sandi dan lokasi Anda.
2. Pilih Create Activity lalu
pilih salah satu template aktivitas yang disediakan.
3. Tuliskan judul dan deskripsi
permainan.
4. Ketikkan konten Anda sesuai dengan
tipe permainannya. Pada beberapa tipe, Anda diperkenankan mengunggah gambar.
5. Klik Done jika telah
selesai.
Untuk akun versi gratis, pengguna hanya diberi
5 slot untuk game aktivitas yang dibuat. Namun pengguna dapat mengganti dari satu
game ke game yang lainnya. Agar pembelajaran lebih maksimal dan variatif, guru
dapat mengupgrade Wordwall untuk
versi berbayar.
Silakan mencoba membuat
game dan bermainlah bersama peserta didik Anda. Kemudian bagikan pengalaman
seru Anda beserta peserta didik saat mencobanya.
Terima kasih obu septatia, artikel yang sangat solutif dimasa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan dari rumah, selain itu mengaplikasikan permainan daolam media belajar sangat berpengaruh terhadap pasion/motivasi semangat siswa dalam belajar. Dan tentunya berdampak pada keberhasilan siswa dalam .
BalasHapusSelalu berinovasi top markotop.
BalasHapusTerima kasih ibu septaria yang selalu inovatif dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19, yang juga ibu tuangkan dalam bentuk artikel. Semoga menjadikan contoh kepada bapak/ibu guru yang lain untuk mensiasati pembelajaran dimasa pandemi covid-19 yang semakin lama semakin riskan terhadap siswa, sampai diberlakukan RPP darurat..
BalasHapusAku ikut belajar ini,
BalasHapusmbak Ria semangat terus raih yang terbaik semogs sukses Bsrokalloh
Aamiin
Luar biasa dan sukses selalu bu guru.. Semangat dan pantang mundur
BalasHapusMenginspirasi,bisa dijadikan referensi,terimakasih
BalasHapusYes..finally. Proud of you🥰
BalasHapusBaarakallahufiikum
Terima kasih ibu Septaria sudah memberikan inspirasi,semoga bisa ikut mengaplikasikanya.
BalasHapusBagus banget Bu Septaria, sangat menginspirasi 👍
BalasHapusTeruslah maju dan memberi motivasi dan inspirasi bagi yang lain. Semangat Bu Septaria
BalasHapus