Peningkatan Vocabulary dengan Media Wordwall di Era Pandemi Covid – 19

 

Meningkatkan Penguasaan Vocabulary  dengan Media Wordwall di Era Pandemi Covid – 19.

Ditulis oleh : 

Septaria Dwi Wardani, S.Pd ( Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Purwantoro)



Sudah hampir satu tahun atau lebih tepatnya 9 bulan dunia menghadapi pandemi Covid-19. Hampir semua aspek kehidupan terdampak dalam pandemi ini. Salah satunya adalah dunia pendidikan. Selama pandemi Covid-19 melanda dari bulan Maret 2019 lalu sampai sekarang, para siswa diharuskan belajar di rumah dengan metode daring. Selama pembelajaran daring atau dikenal dengan istilah PJJ (pembelajaran Jarak Jauh) guru dan peserta didik hanya bertemu lewat dunia maya. Beberapa media yang digunakan antara lain Whatsapp, Zoom Cloud Meeting, Google Meet, Microsoft teams dsb. Namun nampaknya banyak guru yang memilih menggunakan media Whatsapp dengan berbagai pertimbangan diantaranya kendala jaringan, gadget peserta didik yang belum memadai, serta kendala ketersediaan kuota internet. Setelah berjalan sekian bulan ternyata ada beberapa kendala yang muncul saat PJJ diantaranya adalah kebosanan atau rasa jenuh yang muncul baik dari guru ataupun peserta didik. Akibatnya motivasi untuk mengikuti PJJ berkurang atau bahkan hilang.

Penulis, sebagai seorang guru Bahasa Inggris juga merasakan hal tersebut. Selain masalah kebosanan atau rasa jenuh, masalah klasik yang dialami hampir semua guru bahasa inggris yaitu rendahnya penguasaan kosakata ( vocabulary) peserta didik. Ketika dalam pembelajaran normal (tatap muka) guru masih mengalami banyak kendala dalam menyampaikan materi, begitupun peserta didik masih merasa kesulitan dalam memahami Bahasa Inggris. Apalagi ketika materi Bahasa Inggris disampaikan lewat daring dengan media Whatsapp yang terbatas. Interaksi antara guru dan peserta didik dalam mendalami materi dirasa kurang. Sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai secara maksimal.

Oleh karena itu, guru harus jeli dan kreatif dalam memilih media pembelajaran interaktif yang menarik tetapi tidak memberatkan peserta didik. Media yang dapat dipilih salah satunya adalah Wordwall. Wordwall adalah aplikasi berbasis website yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan sebagainya.

Untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris, media ini sangat cocok karena menarik dan banyak tersedia template permainan yang dapat diakses secara gratis. Guru juga dapat membuat konten sendiri sebagai tugas. Selain itu guru bisa mengunduh dan mencetak media yang telah dibuat.

Salah satu permainan yang dapatdigunakan pada aplikasi ini adalah Wordsearch. Wordsearch merupakan permainan mencari kata- kata tertentu yang ada di dalam kotak. Kata- kata ini bisa tertulis secara mendatar, menurun, atau diagonal. Guru bisa meminta peserta didik untuk mencari kata- kata yang tersembunyi dalam kotak yang disesuaikan dengan tema tertentu. Contoh permainan yang lain adalah Match Up. Penulis telah membuat contoh permainan ini dengan tema “Adjectives.” Untuk melihatnya silakan klik link berikut https://wordwall.net/resource/13457929.

Lalu bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini? Berikut langkah- langkahnya:

1. Mendaftarkan akun di https://wordwall.net/. Klik Sign Up lalu isikan nama, alamat email, kata sandi dan lokasi Anda.

2. Pilih Create Activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan.

3. Tuliskan judul dan deskripsi permainan.

4. Ketikkan konten Anda sesuai dengan tipe permainannya. Pada beberapa tipe, Anda diperkenankan mengunggah gambar.

5. Klik Done jika telah selesai.

 Untuk akun versi gratis, pengguna hanya diberi 5 slot untuk game aktivitas yang dibuat. Namun pengguna dapat mengganti dari satu game ke game yang lainnya. Agar pembelajaran lebih maksimal dan variatif, guru dapat mengupgrade Wordwall untuk versi berbayar.

Silakan mencoba membuat game dan bermainlah bersama peserta didik Anda. Kemudian bagikan pengalaman seru Anda beserta peserta didik saat mencobanya.

Komentar

  1. Terima kasih obu septatia, artikel yang sangat solutif dimasa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan dari rumah, selain itu mengaplikasikan permainan daolam media belajar sangat berpengaruh terhadap pasion/motivasi semangat siswa dalam belajar. Dan tentunya berdampak pada keberhasilan siswa dalam .

    BalasHapus
  2. Terima kasih ibu septaria yang selalu inovatif dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19, yang juga ibu tuangkan dalam bentuk artikel. Semoga menjadikan contoh kepada bapak/ibu guru yang lain untuk mensiasati pembelajaran dimasa pandemi covid-19 yang semakin lama semakin riskan terhadap siswa, sampai diberlakukan RPP darurat..

    BalasHapus
  3. Aku ikut belajar ini,
    mbak Ria semangat terus raih yang terbaik semogs sukses Bsrokalloh
    Aamiin

    BalasHapus
  4. Luar biasa dan sukses selalu bu guru.. Semangat dan pantang mundur

    BalasHapus
  5. Menginspirasi,bisa dijadikan referensi,terimakasih

    BalasHapus
  6. Yes..finally. Proud of you🥰
    Baarakallahufiikum

    BalasHapus
  7. Terima kasih ibu Septaria sudah memberikan inspirasi,semoga bisa ikut mengaplikasikanya.

    BalasHapus
  8. Bagus banget Bu Septaria, sangat menginspirasi 👍

    BalasHapus
  9. Teruslah maju dan memberi motivasi dan inspirasi bagi yang lain. Semangat Bu Septaria

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP ADIWIYATA

MARKET DAY SMP NEGERI 2 PURWANTORO

Inovasi Budidaya Jamur Merang dengan Media Sampah Organik