MARKET DAY SMP NEGERI 2 PURWANTORO

Hari Sabtu, 18 Maret 2023 merupakan waktu yang dinantikan oleh para peserta dan peserta didik di SMP Negeri 2 Purwantoro karena pada hari itu kegiatan market day dilaksanakan. Peserta market day sudah mempersiapkan stan mereka sejak hari Jumat sore. Acara pembukaan market day ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Bp Kepala Sekolah Nanang Bachtiar S.Pd, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, Bapak Kepala SMP negeri 2 Purwantor memberikan sambutan dan mengapresiasi penyelenggaraan market day serta berharap agar kegiatan tersebut menjadi bagian dari kultur SMP Negeri 2 Purwantoro untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Kegiatan market day di SMP Negeri 2 Purwantoro ini juga sangat di dukung oleh para wali siswa. Salah satu bentuk dukungan terhadap kegiatan market day ini, Wali murid memberi pinjaman berupa terop kepada tiap-tiap kelompok. Pinjaman  tersebut dimaksudkan agar peserta didik tidak merasa nyaman saat memasarkan produk

           Tepat pukul 08.30 WIB kegiatan market day resmi di mulai. Peserta didik dan pengunjung yang kebanyakan adalah guru dan murid sangat riuh dan antusias berbelanja makanan hasil kreasi dari anak-anak. Ada 7 kelompok stan, dan jumlah pembeli yang hadir dan berbelanja di kegiatan market day kurang lebih sekitar 590 orang. Masing-masing kelompok memperlihatkan kepiawaian mereka dalam memberikan excellent service kepada pembeli. Mereka juga menerapkan strategi marketing yang bervariasi. Ada anggota kelompok yang tetap standby di stan mereka ada juga yang berkeliling menjajakan produk kepada pembeli yang memadati lapangan Sekolah. Dari makanan berat, makanan ringan dan minuman yang dijual hanya membutuhkan waktu dua jam saja produk-produk tersebut habis terjual. Hal ini membuktikan bahwa melalui perencanaan yang matang, promosi produk yang baik dan efektif, kreativitas produk yang dihasilkan mampu menarik konsumen untuk datang dan membeli produk-produk yang dibuat oleh peserta didik. Wajah ceria dari para peserta nampak begitu sumringah meski mereka sangat lelah namun mereka merasakan kebahagiaan yang begitu nyata saat produk-produk mereka habis terjual.



           Kegiatan market day ini menjadi sangat menarik karena guru juga menjadikan kegiatan ini sebagai ajang perlombaan. Cara ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik agar memiliki semangat berkompetisi yang tinggi. Adapun penilaian market day dilakukan oleh panitia dan Dewan Juri dengan kriteria penilaian meliputi empat hal yaitu: kreativitas inovasi produk, display stan/menu, excellent service, dan profit atau keuntungan yang mereka peroleh. Dari tujuh kelompok diambil tiga kelompok terbaik market day sesuai dengan kriteria penilaian.

 


           Pada pukul 11.00 WIB kegiatan market day telah selesai dan masing-masing kelompok membersihkan kembali stan mereka. Tampak dari stan yang awalnya di penuhi dengan makanan dan minuman yang di jual kini tampak kosong hanya ada beberapa jenis makanan yang belum sempat terjual, namun sunggguh  ini merupakan pencapaian bagus bagi peserta didik yang notabene belum berpengalaman untuk menjalankan sebuah bisnis.



           Tahap akhir dari kegiatan markey day di SMP Negeri 2 Purwantoro adalah melakukan refleksi bersama seluruh peserta. Pada kesempatan ini, Ibu Siti Purwantoi, S.Pd selaku Ketua Panitia Market Day meminta setiap kelompok untuk berbagi pengalaman mereka menjalankan market day, kesulitan apa yang mereka alami mulai dari kekompakan kelompok, kesulitan mendapatkan bahan sampai dengan proses pembuatannya. Lebih lanjut ibu Siti Purwanti menyampaikan dengan ikhtiar seperti itu, peserta didik di SMP negeri 2 Purwantoro diharapkan memiliki keunggulan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berlandaskan ahlaqul karimah sehingga mampu menjawab ketatnya persaingan di dalam kehidupan masyarakat dunia era society. Melalui market day ini pula salah satu upaya SMP Negeri 2 Purwantoro menyiapkan entrepreneur-enterpreneur yang menjadi aset berharga bagi bangsa sebagai generasi emas.


BERIKUT DOKUEMAN KEGIATAN MAREKTA DAY 

SMP NEGERI 2 PURWANTORO




























































Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP ADIWIYATA

Inovasi Budidaya Jamur Merang dengan Media Sampah Organik