Tanaman, Nama Latin, dan Sekolah

Tanaman, nama latin (ilmiah), dan sekolah adalah tiga hal yang berbeda namun bisa terkait. Setiap tanaman pasti mempunyai nama, baik nama umum, nama lokal ataupun nama latin (ilmiah). Setiap sekolah mulai SD, SMP, SMU hingga perguruan tinggi pasti memanfaatkan lahan yang tersisa dengan menanaminya tanaman. 

Papan Nama  Tanaman di salah satu sudut  SMP  2 Purwantoro

Dan nama latin atau nama ilmiah, bukan perkara yang asing di sekolah. Sebagai lembaga transfer ilmu pengetahuan warga sekolah akan sering bersentuhan dengan nama latin.

Tanaman, nama latin, dan sekolah yang saling terkait sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar mengajar. Baik dalam pengenalan nama-nama ilmiah tanaman, taksonomi tumbuhan, serta penanaman cinta lingkungan hidup kepada para siswa sejak dini.

Caranya?. Berbagai jenis tanaman yang terdapat di lahan sekolah diberikan papan kecil yang berisikan nama latin, nama umum dalam bahasa Indonesia dan Inggris, serta nama lokal tanaman tersebut. Tentunya akan lebih baik jika dilengkapi dengan diskripsi singkat tentang asal-usul tanaman, daerah persebaran, dan data-data lain tentang tanaman tersebut.

Ambilah contoh sebatang pohon Trembesi. Di bawahnya diberikan papan kecil dengan tulisan “Trembesi. Nama Ilmiah: Albizia saman (Jacq.) Merr. Sinonim: Samanea saman (Jacq.) Merr. Nama Lokal: Ki Hujan (Sunda), Meh, Punggur, Munggur (Jawa), Kayu Ambon (Melayu). Keterangan: Diperkiarakan berasal dari Peru, Brazil, atau Meksiko. Merupakan tanaman yang mempunyai kemampuan menyerap karbon dioksida sangat tinggi sehingga cocok sebagai pohon penghijauan“.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP ADIWIYATA

MARKET DAY SMP NEGERI 2 PURWANTORO

Inovasi Budidaya Jamur Merang dengan Media Sampah Organik