Torehkan Kreatifitas Lewat Cat Tong Sampah

Apa pun yang erat kaitannya dengan sampah biasa dinilai jorok dan kotor. Salah satunya tong sampah. Namun, di SMP Negeri 2 Purwantoro, tong sampah tampak lebih enak dipandang.

Jumat (18/10/2019), sejumlah pelajar di SMP Negeri 2 Purwantoro ikut terlibat dalam kegiatan mengecat tong sampah di sekolah. Para pelajar bebas mengekspresikan kreativitasnya untuk membuat tempat sampah itu menjadi lebih menarik. “Selama ini tempat sampah kan selalu dianggap sebagai tempat yang kotor dan jelek,’’ ujar Kepala SMP Negeri 2 Purwantoro Taufik Rohman, S.Pd, M.Pd kepada Blogger smp2pwo.blogspot.com, selepas meninjau pelaksanaan lomba mengecat tong sampah di halaman sekolah.

Padahal, jika dikolaborasikan dengan seni dan kreativitas, Taufik Rohman, S.Pd, M.Pd menyebut, tempat sampah akan terlihat indah. Kegiatan mengecat tong sampah ini merupakan bagian dari Program sekolah adiwiyata SMP Negeri 2 Purwantoro. Para peserta lomba mengecat tempat sampah ini merupakan para pelajar tingkat SMP kelas 7,8, dan 9. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah.

Lomba mengecat tong sampah ini digelar untuk mendorong anak-anak muda dalam mengembangkan kreasinya. Di mana para pelajar dibebaskan mengekspresikan bakat seninya di media apa pun, termasuk di tempat sampah. Intinya, kata Bp Taufik Rohman, S.Pd, M.Pd, bakat seni generasi muda dapat tersalurkan dengan baik.

Menurutnya lagi, kegiatan itu pun digelar agar bisa meningkatkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Ia mengatakan, perilaku tersebut perlu dibiasakan sejak dini. Pasalnya, selama ini masih ada warga yang membuang sampah sembarangan. Ia berharap, dari kegiatan ini juga muncul kreasi lainnya untuk menjadikan SMP Negeri 2 Purwantoroyang penuh inovasi. “Kami mengajak generasi muda lainnya untuk melakukan kegiatan lainnya yang kreatif dan inovatif,’’ ujar Bp Taufik.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP ADIWIYATA

MARKET DAY SMP NEGERI 2 PURWANTORO

Inovasi Budidaya Jamur Merang dengan Media Sampah Organik